2014-09-05 08-10-26_0013

 

Jawa Pos, Radar Jogja 4 September 2014

Bersaudara dalam Perbedaan, Berbeda dalam Persaudaraan

SLEMAN- Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif menerima Global Harmony Award di auditorium Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM Senin lalu (1/9). Penghargaan ini diberikan Yayasan Anand Ashram atas kontribusi Ahmad Syafii Maarif terhadap upaya mewujudkan kehidupan yang harmonis, kedamaian, dan kerukunan umat manusia. Penghargaan diserahkan Ketua Yayasan Anand Ashram Wayan Sayoga.

“Planet kita yang satu ini, hanya bisa bertahan lama kalau kita memang mau hidup bersaudara. Bersaudara dalam perbedaan dan berbeda dalam persaudaraan” ujar Syafii Maarif. Menurutnya bumi ini adalah milik semua, bukan hanya milik sebagian orang saja.
Menurut tokoh yang akrab disapa Buya Syafii ini, bumi untuk semua umat manusia, tanpa membedakan latar belakang agama, etnis, suku, golongan. Kemanusiaan adalah satu, perbedaan adalah keniscayaan yang tidak perlu mengakibatkan manusia saling menyakiti.

Acara ini dirangkai dengan sarasehan “Budaya Menuju Keselarasan Global”. Para pembicara yang hadir antara lain Guru Besar Sastra Nusantara FIB UGM Prof Marsono, Rektor ISI Surakarta Prof Sri Rochana Widyastutieningrum, dan Guru Besar Sastra Jawa Kuna Universitas Udayana Prof I Made Suastika.
Dalam acara tersebut juga menampilkan pentas seni drama yang bertema fragmen kegelisahan Arjuna di Medan Perang Kurukshetra yang dipersembahkan oleh One Earth School Bali.

Pin It on Pinterest

Share This